TA’RIFAT SEPUTAR BATALE WUDHU
Mengutip
dari kitab Riayatul Himmah juz 1 korasan 8 yang berbunyi :
كفعتلو ايلع عقلي مندم توين ايدن # توين اين توين
كلعر سبب كلارن "”
Yang
di kehendaki dari lafdziah diatas : Batalnya wudhu ke-3 hilang akalnya
disebabkan mabuk, gila, penyakit ayan (epilepsi), atau kelenger (pingsan)
akibat sakit parah.
Adapun
definisi dari gila, mabuk, ayan, klenger sebagai berikut :
1.
Mabuk adalah kerusakan pada akal yang dapat menimbulkan efek flay
(pontang-panting) dan kekacauan bicara.
2.
Gila adalah sakit yang dapat menghilangkan akal dan masih menyisakan
gerak-gerik dan kekuatan pada anggota tubuh.
3.
Epilepsi (ayan) adalah penyakit yang dapat menghilangkan pengetahuan
(akal) di dalam hati, beserta terhentinya kekuatan dan gerak-gerik tubuh.
Pendapat lain mengatakan bahwa epilepsi
(ayan) adalah penuhnya otak bagian dalam oleh lendir yang dingin dan tebal.
Dan ada pendapat lain lagi yang mengatakan
epilepsi (ayan) : lupa yang menyerang manusia dan berdampak pada melemahnya
anggota tubuh karena penyakit.
Dan juga termasuk epilepsi adalah
kosongnya kekuatan gerak-gerik tubuh, keinginan, dan perasan, karena melemahnya
hati dengan sebab sakit parah, kedinginan dan sangat lapar.
4.
Pingsan (klenger Red: jawa) adalah penyakit yang dapat menghilangkan
perasaan serta lemahnya angota tubuh. Orang yang terkena penyakit ini
kebanyakan mukanya terperosok ke permukaan tanah.
5.
Tidur adalah lemahnya otot syaraf yang di sebabkan uap basah yang naik
dari lambung (I’anatuttholibiina)
atau angin lembut/tipis yang menjalar ke bagian otak
yang dapat menghalangi pan dangan meta, kemudian turun ke bagian hati dan
lemahnya syaraf otak akibat tekanan uap dari lambung (kaasyifatussajaa). Jika angin
tersebut tidak sampai ke area hati hanya mengakibatkan kantuk.
F Referensi :
إعانة الطالبين البكري الدمياطي - (ج 1 / ص 74)
قوله: زوال عقل) هو صفة يميز بها بين الحسن والقبيح.(
وقيل: غريزة يتبعها العلم بالضروريات عند سلامة
الآلات.
ومحله القلب، وله شعاع متصل بالدماغ.
وهو أفضل من العلم لانه منبعه وأسه، والعلم يجري
منه مجرى النور من الشمس والرؤية من العين.
وقيل: العلم أفضل منه لاستلزامه له، ولان الله يوصف
بالعلم لا بالعقل.
ولذلك قال بعض الاكابر حاكيا لذلك عن لسان حالهما.
علم العليم وعقل العاقل اختلفا من ذا الذي منهما قد
أحرز الشرفا فالعلم قال: أنا أحرزت غايته والعقل قال: أنا الرحمن بي عرفا فأفصح
العلم إفصاحا وقال له بأينا الله في فرقانه اتصفا فبان للعقل أن العلم سيده فقبل
العقل رأس العلم وانصرفا وقوله: أي تمييزا إنما فسره به لانه هو الذي يزيله السكر
والمرض، والاغماء بخلافه.
بمعنى الصفة الغريزية فإنه لا يزيله ذلك، وإنما
يزيله الجنون فقط.
(قوله: بسكر) متعلق بزوال، وهو
خبل في العقل مع طرب واختلال نطق.
وقوله: أو جنون هو مرض يزيل الشعور من القلب مع بقاء
الحركة والقوة في الاعضاء.
وقوله: أو إغماء هو مرض يزيل الشعور مع فتور
الاعضاء ومنه ما يقع في الحمام، وإن قل فينقض الوضوء، فليتنبه له فإنه يغفل عنه
كثير من الناس.
وقوله: أو نوم هو استرخاء أعصاب الدماغ بسبب رطوبة
الابخرة الصاعدة من المعدة.
وقال الغزالي: الجنون يزيل العقل، والاغماء يغمره،
والنوم يستره.
واستثنى من النوم نوم الانبياء فلا نقض به، وكذا
بإغمائهم، وهو جائز عليهم لانه مرض، لكنه ليس كالاغماء الذي يحصل لآحاد الناس،
وإنما هو من غلبة الاوجاع للحواس الظاهرة فقط دون القلب، لانه إذا حفظت قلوبهم من
النوم الذي هو أخف من الاغماء، كما ورد في حديث: تنام أعيننا ولا تنام قلوبنا فمن
الاغماء
0 Comments