Pondok Pesantren Tanbiihul Ghoofiliin

PON-PES TANBIIHUL GHOOFILIIN SAMBEK WONOSOBO

Ticker

6/recent/ticker-posts

Menghina Kitab Tarajumah

                 [[ Menghina Kitab Tarajumah ]]

_______________________________________________________

Kita ahlussunah ! Kita bukan orang
yang suka mengkafir-kafirkan, tetapi dalam masalah aqidah harulah tegas !




| Dalam kitab Ri'ayah Akhir tertulis bahwa hal-hal yang menjadikan kafir seseorang ada sepuluh.

| Itu bukan berarti kesepuluh harus dilaksanakan semua, melainkan satu dari kesepuluh dilaksanakan maka pelakunya telah murtad.

| Salah satunya adalah menghina hukum syari'at. sama juga menghina kitab-kitab yang terdapat hukum syari'at, seperti Kitab Tarajumah, Kitab Turosh, lebih-lebih Al-Qur'an, karena dalam kitab di samping terdapat hukum-hukum syari'at.

| Syari'at secara etimolog (red arab. lughot) yaitu madzhab dan aliran. Disebut juga as-syari' karena merupakan jalan menuju tempat tujuan. Maka as-syari'ah adalah agama yang Allah jalankan untuk hamba-NYa dan as-syari'ah dalam agama adalah madzhab yang Allah jalankan untuk makhluk-Nya.

| Murod ibarot di bawah kurang lebihnya "Seorang alim memberikan fatwa terhadap seseorang namun hukum yang diberikan tidak sesuai dengan apa yang dikehendaki (red Jawa: ura nyocoki nafsune), kemudian orang yang diberi fatwa mengatakan 'hukum apaan ini' dengan tujuan menghina maka telah murtad.

Referensi:
a. Mirqotus Su'udit Tashdiq hal. 12
b. Is'adur Rofiq (1/58)
c. Al 'Ilam Biqowati'il Islam hal. 133
c. Syarah Fiqih Akbar hal. 289
d. Tafsir Al-qurtuby (16/153)

مرقات الصعود الصديق ص ١٢
او اعطاه عالم فتوي اي بيان الحكم من غير الزام فقال ايش اصله اي شئ هذا الشرع مريدا بذالك القول الاستخفاف اي التحقير للشرع

إسعاد الرفيق ص ٥٨
او اعطاه عالم فتوي في سؤال استفتاه فيه فقال لكون لم تطابقه اي شئ هذا الشرع ورماها قال في الاعلام وهو ظاهر ان كان مريدا بذالك الاستخفاف بالشرع

الإعلام ص ١٣٣
ومنها: لو ألقى فتوى أعطاها له خصمه وقال: أي شيء هذا الشرع كفر وهو ظاهر إن أراد الاستخفاف، ويحتمل الإطلاق لأن قرينة رميها تدل على الاستخفاف

شرح فقه الأكبر ص ٢٨٩
ذكر أن فقيهاً وضع كتابه في دكان وذهب، ثم مر على ذلك الدكان، فقال صاحب الدكان: ههنا نسيت المنشار، فقال الفقيه عندك كتاب لا منشار، فقال صاحب الدكان: النجار بالمنشار يقطع الخشب، وأنتم تقطعون به حلق الناس، أو قال حق الناس، فشكى الفقيه إلى الإمام الفضلي يعني الشيخ محمد بن الفضل، فأمر بقتل ذلك الرجل؛ لأنه كفر باستخفاف كتب الفقه.
وفي التتمة : من اهان الشريعة او المسائل التي لا بد منها كفر ومن ضحك من المتيمم كفر

تفسير القرطوبي جـ 16 ص 153
الشَّرِيعَةُ فِي اللُّغَةِ : الْمَذْهَبُ وَالْمِلَّةُ . وَيُقَالُ لِمَشْرَعَةِ الْمَاءِ - وَهِيَ مَوْرِدُ الشَّارِبَةِ - : شَرِيعَةُ . وَمِنْهُ الشَّارِعُ لِأَنَّهُ طَرِيقٌ إِلَى الْمَقْصدِ . فَالشَّرِيعَةُ : مَا شَرَعَ اللَّهُ لِعِبَادِهِ مِنَ الدِّينِ ، وَالْجَمْعُ : الشَّرَائِعُ . وَالشَّرَائِعُ فِي الدِّينِ : الْمَذَاهِبُ الَّتِي شَرَعَهَا اللَّهُ لِخَلْقِهِ

_______________________________________________________
Tim Media PPTG

#Santri_Sambek
#Santri_Rifaiyah_Tarajumah
#Tanbiihul_Ghoofiliin_Komunikatif
#Hukum_Islam

Post a Comment

0 Comments